Batik Jaladri Jogja

batik jaladri jogjaBatik Jaladri menyiapkan dan memproduksi batik. Beragam batik batik terbaik siap untuk dipilih. Melalui proses yang “rumit” Batik Jaladri diciptakan.

Mari Mengenal Batik Jaladri?

Sebelum mengenal Batik Jaladri ada baiknya kita mengenal apa itu Batik. Asal kata Batik itu artinya “Banyak Titik”. Banyak orang mengenal dan mengetahui Batik hanya dari melihat motifnya saja. Ketika ditemukan kain atau pakaian dengan motif dan warna tertentu orang akan mengatakan bahwa itu sebuah batik atau bukan. Tapi banyak orang tidak bisa membedakan apakah ‘batik’ itu adalah batik original atau batik sablon/batik cetakan.

Pakaian / kain dikatakan batik ketika proses pembuatan motifnya menggunakan lilin / malam. Baik prosesnya batiknya dengan menorehkan alat canting maupun menggunakan tembaga sebagai cap asalkan menggunakan liliin / malam maka itu adalah batik original. Beda dengan batik yang prosesnya tanpa menggunakan lilin atau malam, maka ‘batik’ itu adalah non original alias bukan batik. Motif batik tapi bukan batik.

Proses pembuatan batik itu sendiri begitu panjang, rumit dan melelahkan. Itu menjadi salah satu sebab mengapa batik berharga mahal. Proses pembatikan tersebut antara lain: pemilihan kain kemudian pencucian kain menggunakan minyak camplong yang telah dicampur dengan soda. Setelah itu pelorotan/pencucian kain dengan air panas dilanjutkan dengan menjemur setelah itu menggambar motif pada kain. Berlanjut kemudian dengan pembatikan kain. Setelah nembok (nembok adalah proses menutupi bagian-bagian yang tidak boleh terkena warna dasar, dalam hal ini warna biru, dengan menggunakan malam). Setelah proses nembok selesai lalu dilakukan pencelupan atau pewarnaan. Proses belum selesai karena masih harus dilakukan pelorotan atau pencucian kembali. Setelah pelorotan dilanjutkan dengan penjemuran. Penjemuran kain dilakukan ditempat sejuk yang tidak terkontak langsung dengan sinar matahari agar warna kain bagus.

Kalau hanya ditulis terasa singkat proses batik ini. Tapi jika dilakukan lain ceritanya. Itulah perkenalan dengan “Batik”.

Lantas Batik Jaladri? Batik Jaladri adalah sebuah berek batik yang dirintis oleh ibu Alfi W yang tinggal di Yogyakarta. Bagi Anda yang sedang berwisata di Yogyakarta jangan lupa untuk mencari Batik Jaladri sebagai oleh-oleh maupun untuk kebutuhan busana. Batik Jaladri berlokasi di:
Batik Jaladri alamat Pathuk Ng1/647 Jl. Bhayangkara Yogyakarta. Pin BB 7d171b74 Phone: 0274-513 331, 513 053

 

Bagikan Info Ini Pada Yang Lain:
tags: ,
| Perdagangan
Follow Us:
Twitter: twitter.com/jogjapromo
Facebook: facebook.com/jogjapromo
Youtube: Youtube.Com

Opel Jogja - 1 Febuari 2013

Gloria Amanda Hotel -1-10-2017
Hotel Limaran 24 Sept 2011







jogjapromo.com - 2004-2017
Copyright © JogjaPromo Yogyakarta / Jogja
Sitemap

WhatsApp Kami.
Klik Disini