Duta Museum DIY kenalkan diri lewat ikuti Karnaval Budaya ‘Selendang Sutera 2016’

duta-museum-budaya-jogja1

Ikatan Duta Museum DIY 2016 ikut ambil bagian dalam Karnaval Budaya ‘Selendang Sutera’ 2016 yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis sore (6/10). Karnaval itu dimulai dari Taman Parkir Abu Bakar Ali, kemudian melewati sepanjang Jalan Malioboro hingga finish di Museum Benteng Vredeburg.

duta-museum-budaya-jogja4

Karnaval ini diikiti oleh 18 kelompok yang berasal dari berbagai kalangan di 4 kabupaten dan 1 kota di DIY. Berbagai penampilan dipertontonkan, mulai dari kesenian jathilan, bregada, hingga sendratari.

Ikatan Duta Museum DIY 2016 pada kesempatan itu ikut berpartisipasi dengan memakai kostum yang mewakili museum-museum yang ada di DIY. Sebanyak 30 peserta mengenakan pakaian yang sesuai selaras dengan museum yang mereka wakili.

duta-museum-budaya-jogja3

Ganis Wardani Ekarizky, Runner Up II Duta Museum DIY 2016 menerangkan, partisipasi pada Karnaval Budaya ‘Selendang Sutera’ menjadi salah satu cara untuk lebih mengenalkan Duta Museum kepada masyarakat Indonesia umumnya, dan pada masyarakat DIY khususnya.

duta-museum-budaya-jogja2

“Dengan semakian dikenalnya Duta Museum DIY 2016, harapannya akan mempermudah kami untuk bisa mengenalkan museum-museum yang ada di DIY kepada masyarakat luas. Kami ingin Duta Museum bisa terus diingat di benak masyarakay DIY,” kata Ganish.

Museum yang ada di DIY, kata Ganish, mempunyai potensi yang sangat luar biasa. Ada 45 museum di DIY yang mempunyai karakteristik dan koleksi unggulan yang bermacam-macam. Koleksi unggulan tersebutlah yang menjadi salah satu andalan setiap pengenalan museum ke masyarakat.

duta-museum-budaya-jogja5

 

“Kami berharap museum semakin dicintai masyarakat dan menjadi destinasi utama yang sejajar dengan tempat wisata yang ada di DIY. Saat ada wisatawan datang ke DIY, kami berharap mereka menjadikan museum sebagai destinasi utama,” lanjutnya.

duta museum budaya jogja

Duta Museum DIY yang dipilih pada akhir Agustus lalu ini telah menyiapkan berbagai program yang akan dilaksanakan selama setahun ke depan untuk mengenalkan museum di DIY. Di antara program yang akan dilakukan adalah Fashion Show, Fam Trip, dan berbagai kegiatan lain yanga mendorong masyarakat untuk mengunjungi museum. Kerjasama dengan berbagai pihal juga dilakukan untuk memperlancar pengenalan museum di DIY kepada masyarakat.

| Berita
Opel Jogja - 1 Febuari 2013

Gloria Amanda Hotel -1-10-2017
Hotel Limaran 24 Sept 2011