Menangani Boros bandwidth Hosting Dengan Mengatur Comment Pada Web Berbasis WordPress

Mungkin suatu ketika Anda merasa bandwidth hosting terasa begitu boros. Ada baiknya anda mengecek dengan memperhatikan perilaku visitor. Berdasar pengalaman pribadi setelah memperhatikan perilaku visitor melalui Awstats yang ada pada Cpanel hosting. Saya menemukan bahwa terjadi akses besar besaran pada sebuah negara dari luar negeri padahal website berbahasa indonesia.

Melanjutkan penelitian setelah dicek halaman tertentu memiliki kunjungan begitu tidak wajar. Lalu analisa berlanjut ke halaman bersangkutan. Ternyata begitu banyak comment begitu pada halaman bersangkutan. Jelas ini merupakan salah satu penyebab borosnya bandwidth.

Akhirnya cek berlanjut. Plugin akismet ternyata tidak aktif maka segera diaktifkan. Kemudian halaman yang tidak wajar tersebut dinonaktifkan untuk kolom komennya, toh tidak terlalu penting untuk halaman tersebut.

Selanjutnya, memikirkan bagaimana menghapus comment yang sudah terlanjur banyak luar biasa. Hampir 20ribu lebih comment. Tentu akan terasa sulit dan berat jika dilakukan di website berbasis wordpress.

Solusinya, masuk ke Cpanel kemudian menggunakan PhpMyadmin. Seleksi database yang bersangkutan. Selanjutnya  masuk ke tab SQL. Lalu ketikkan perintah berikut ini:

DELETE from wp_comments WHERE comment_approved = ‘0’;

Ok. Akhirnya berhasil sekitar 20ribu comment terhapus dalam 0.07212 detik.

Bagikan Info Ini Pada Yang Lain:
tags: ,
| Tips
Opel Jogja - 1 Febuari 2013

Gloria Amanda Hotel -1-10-2017
Hotel Limaran 24 Sept 2011