Mengatasi Booting Windows Yang Lambat

Mengatasi Booting Windows Yang Lambat. Tulisan ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi. Hampir 3 minggu lamanya saya dibuat pusing oleh netbook saya.

Suatu hari tiba-tiba windows saya lama sekali loadingnya. Karena tidak seperti biasa maka saya matikan secara paksa. Saya coba lagi hidupkan, masih juga sama. Hampir 10 menit saya tunggu, tidak juga menyala OS Windowsnya. Saya putuskan untuk mematikan kembali secara paksa. Lelah mencoba dengan  Booting Windows Yang Lambat dan lama.

Akhirnya saya coba untuk menginstal sendiri OS windows yang ada, mengingat semua masih tersimpan rapi driver dan Windows 7 Starter Pack original paketan netbook Zyrex ini. Proses instalasi berjalan mulus. Lancar. Saya sempat menggunakannya untuk berinternet. Satu hari full waktu habis untuk mengurusi netbook zyrex ini. Lega rasanya. Sayang, ketika saya lakukan backup data, seperti file-file Open Office, foto-foto, data email di Live Mail dll. Penyakit lemot booting itu terjadi lagi. Saya coba untuk bersabar menunggu, 15 menit tidak juga sukses loading. Saya matikan kembali secara paksa. Terus mulai berulang hal ini terjadi. Akhirnya saya putuskan coba lagi menginstallnya. Proses install tidak lagi lancar seperti tadi. Mulai terpikir, jangan-jangan hardisknya mulai rusak. Maklum sudah  3 tahun lebih zyrex ini setia menemani saya. Tanpa install ulang, tanpa rusak. Jadi saya pikir wajarlah.

Akhirnya saya putuskan untuk membawanya ke JogjaTronik. Saya service di salah satu toko kenalan saya. Ditinggal beberapa waktu, lalu saya tanya kabar, dibilang teknisinya, harus ganti hardisk, saya persilahkan untuk mengganti hardisk. Singkat cerita 2 hari ok. Saya ambil saya gunakan.

Baru satu dua tiga kali saya coba, oh tidak! Booting Windows lambat kembali. Aduh, pusing tenan! 1 minggu lebih cuma ngurusin ini belum kelar-kelar.

Saya putuskan untuk menginstall sendiri kembali. Toh hardisk sudah baru, pikir saya. Dengan sabar saya install, proses lancar tapi lambat sekali instalasinya. Saya setengahnya menyalahkan kualitas hardisk.

Setelah selesai semua, saya coba untuk kembali backup data dsb. Oh tidak! Booting windows kembali lambat setengah mati! Saya berusaha bersabar untuk tidak mematikan netbook secara paksa seperti yang lalu-lalu. Entah berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh windows untuk booting dan loading secara sempurna, karena saya sudah tidak melihat jam. Saya kerjakan sambil lalu. Saya tinggalkan urusan booting untuk mengurus pekerjaan lain.

Setelah berhasil loading sempurna, saya coba untuk browsing mencari solusi mengatasi booting windows yang lambat.  Kesana kemari. Tes ini, tes itu. Coba cara ini, coba cara itu. Gara-gara  booting windows yang lambat, saya harus ganti hardisk. Dan proses ini tidak memakan waktu sebentar, mengingat setiap cara harus dilakukan dengan merestart windows dsb. Harus menunggu waktu loading dan shutdown yang luaammmaa sekali dan berkali-kali. Tapi semua saya lakukan tidak lagi dengan tergesa. Saya jalani dan coba secara santai, tanpa meninggalkan kegiatan saya sehari-hari.

Akhirnya sekarang sudah selesai. Mulus. Lancar. Tidak lebih dari 30 detik sudah load windows dengan baik.

Ini dia solusi mengatasi booting windows yang lambat:

1. Buka Windows Explorer, Masuk folder Windows, masuk folder Prefetch, delete semua file yang dalam dalam folder ini, selanjutnya restart windows dan rasakan bedanya.

2. download program autoruns, disini http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb963902.aspx, selanjutnya:

  1.  Download + Extract file Autoruns.zipnya. Ada 2 file exe, yang satu (autoruns.exe) versi GUI windows, yang satunya (autorunsc.exe) versi karakter/DOS.
  2. Jalankan yang versi GUInya, tunggu sebentar sampai proses scanningnya selesai/READY (lihat pojok kiri bawah layar untuk indikatornya). Bila baru pertama kali dijalankan, akan keluar licence/aggrement, tinggal pijit accept/OK saja.
  3. Setelah itu akan terlihat aplikasi-aplikasi yang dijalankan windows saat pertama booting.  WOOWW!  banyak sekali file-file yang tidak saya kenal tercentang saat booting. Langsung saja saya hilangkan tanda centangnya dengan memilih-milih.

Setelah selesai, saya save, lalu saya Simpan. Lalu restart. Alhamdulillah, selesai sudah masalah booting windows yang lambat banget.

Catatan yang bisa diambil:

1. Harus sabar.

2. Sabar

3. Sabar

Terima kasih, akhirnya masalah booting windows lambat yang membuat saya harus ganti hardisk teratasi. Hikmahnya, saya jadi punya hardisk portable, karena hardisk lama saya belikan case untuk dijadikan hardisk portable.

Bagikan Info Ini Pada Yang Lain:
| Tips
Follow Us:
Twitter: twitter.com/jogjapromo
Facebook: facebook.com/jogjapromo
Youtube: Youtube.Com

Opel Jogja - 1 Febuari 2013

Gloria Amanda Hotel -1-10-2017
Hotel Limaran 24 Sept 2011







WhatsApp Kami.
Klik Disini