Menghemat Bandwidth Hosting

Hari ini tips untuk menghemat bandwidth hosting datang setelah beberapa teman merasa gerah selalu kehabisan bandwidth. Padahal website mereka tidak tergolong website dengan banyak pengunjung.

Kami membantu melakukan pengecekan. Anda pun bisa melakukan hal yang sama jika ternyata Anda memiliki masalah dengan bandwidth yang tidak wajar. Setelah menganalisa statistik dari Cpanel tampaklah bahwa kunjungan paling banyak menghabiskan bandwidth dari sebuah IP. Setelah ditelusuri ternyata IP nya Google. Kemungkinan besar IP Google Bot. Bayangkan hampir 80% bandwidth dihabiskan oleh IP Google ini.

Ok, akhirnya setelah coba browsing, kami coba solusi dari http://blogseoindonesia.com dengan membuat file robots.txt untuk Google bot sebagai berikut:

User-agent: Googlebot
Disallow: /wp-admin/
Disallow: /wp-includes/
Disallow: /wp-content/plugins/
Disallow: /wp-content/cache/
Disallow: /wp-content/themes/
Disallow: /wp-content/gallery/
Disallow: /wp-content/uploads/
Disallow: /wp-login.php
Disallow: /wp-register.php
Disallow: /trackback/
Disallow: /author/

User-agent: Googlebot-Image
Disallow: /

Sitemap: http://namadomainanda.com/sitemap.xml.gz
Sitemap: http://namadomain anda.com/sitemap.xml

Kode file robots diatas Intinya, membatasi Google supaya tidak mengakses folder-folder yang penuh dengan isi gambar supaya tidak menghabiskan bandwidth.

Mungkin Anda yang punya pengalaman sama dapat mencobanya…

Jika ingin coba sekali-kali cara extreme, blok saja IP google tersebut melalui Cpanel supaya tidak bisa mengakses situs Anda. Tapi saya tidak tahu nanti resikonya bagaimana… Mau Mencoba…? silahkan…. 🙂

Bagikan Info Ini Pada Yang Lain:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *