Meningkatkan Kecepatan Wifi Linux Ubuntu

Meningkatkan Kecepatan Wifi Linux Ubuntu

Saya browsing mencari cara melakukan transfer file dari komputer server di rumah via Hotspot. Tapi, kecepatan transfer yang didapat terasa sangat tidak maksimal sekali. Saya coba-coba browsing cari solusi bagaimana meningkatkan kecepatan koneksi.
Untungnya saya dapat artikel yang memberitahukan caranya untuk OS Linux. Untuk OS linux kita bisa cari tahu sumber masalahnya dengan mudah. Trik ini saya dapatkan setelah saya coba browsing-browsing untuk Meningkatkan Kecepatan Wifi Linux. Caranya begini, pertama buka layar “Terminal” linux dan kita ketikkan perintah seperti berikut ini di komputer server tersebut :
    iwconfig wlan0
Setelah itu akan muncul muncul informasi yang memberitahukan kepada kita, informasi ini tampil di layar Terminal di komputer :
$ iwconfig wlan0
wlan0 IEEE 802.11abg ESSID:”linksys007″
Mode:Managed Frequency:2.462 GHz Access Point: 00:1C:10:66:CC:44
Bit Rate=1 Mb/s Tx-Power=14 dBm
Retry long limit:7 RTS thr:off Fragment thr:off
Power Management:off
Link Quality=47/70 Signal level=-63 dBm
Rx invalid nwid:0 Rx invalid crypt:0 Rx invalid frag:0
Tx excessive retries:0 Invalid misc:0 Missed beacon:0
Oppss.. langsung kelihatan ada informasi yang menarik disana: Bit Rate=1 Mb/s, ternyata Wifi di komputer server kecepatannya saat ini hanya 1 Mbps = 128 KBps.
Pantesan lambat sekali :). Yuk diotak atik untuk memaksimalkan kecepatan di OS linux kita.
Ternyata solusinya sangat mudah sekali, yaitu silahkan ketikkan saja baris berikut ini di Terminal untuk set kecepatan Wifi server hingga menjadi 54 Mbps :
    sudo iwconfig wlan0 rate 54M
Semoga berhasil seperti apa yang saya rasakan, selamat mencoba saudara semua.
Info saya dapat dari link berikut:  http://info-worlds[dot]blogspot[dot]co[dot]id/2011/03/meningkatkan-kecepatan-koneksi-wifi-di.html
| Tips
Opel Jogja - 1 Febuari 2013

Gloria Amanda Hotel -1-10-2017
Hotel Limaran 24 Sept 2011