Desa Wisata Jipangan

Desa Wisata Jipangan disingkat Dewi Jipang adalah sebuah Dusun Rekreasi Jipangan yang dikenali dengan beragam kekayaan alam dan kerajinan kipasnya.

Biasa disingkat DEWI JIPANG dusun ini berada +- 2,5 km di samping selatan Sentral kerajinan gerabah Kasongan.

Secara geografis, Dusun Rekreasi Jipangan masuk ke daerah kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Pencanangan Dusun Rekreasi Jipangan oleh GKR Hemas pada tanggal 15 Maret 2014, adalah tonggak awalnya di bangunya dusun rekreasi ini jadi salah satunya ikon lawatan pariwisata di kabupaten Bantul, Ygyakarta.

Sekarang ini banyak pelancong yang bertandang di Dusun Rekreasi Jipangan. Mereka terbagi dalam : beberapa anak TK, pelajar, Kampus, atau dari lembaga Pemerintahan/ swasta.

Baik tamu yang dating dari Yogyakarta sendiri, luar kota bahkan juga di luar pulau Jawa.
Di Dusun Rekreasi Jipangan, anda akan di sajikan bermacam jenis aktivitas aktivitas rekreasi yang tarik. Dan yang jelas, paket rekreasi yang kami pasarkan benar-benar dapat dijangkau. Bermacam aktivitas rekreasi yang dikembangkan ” DEWI JIPANG” salah satunya sebagai berikut :

1. Rekreasi Edukasi Kerajinan

Pelancong diajak untuk belajar membuat bermacam jenis kerajinan, di ataranya ialah ; kipas bambu, anyaman dan furniture bambu. Mereka bisa latihan proses dari awalnya sampai tingkatan akhir produksi kerajinan itu
Kecuali latihan membuat kreasi, pelancong berpeluang untuk belanja bermacam souvenir kipas bambu atau bermacam pernak pernik yang di jajakan di showroom – showroom kerajinan yang ada. Souvenir yang di membeli bisa menjadi oleh-oleh, sebagai bukti jika pelancong itu pernah bertandang di Dusun Rekreasi Jipangan.

2. Rekreasi Out Bound/ Jelajahi alam

Dengan kekuatan alam yang berada di Dusun Rekreasi Jipangan, benar-benar pas selaku sarana out bound untuk pelancong yang bertandang di Jipangan. Mereka bisa lakukan out bound dengan di pandu oleh pelatih yang eksper. Aktivitas jelajahi alam ini terpadu dengan situs riwayat ” Goa Slarong”, yang disebut warisan Pangeran Diponegoro pada periode menantang penjajahan belanda.
Dewi Jipang meningkatkan wujud rekreasi air berbentuk ;

  1. Susur sungai Bedog
  2. Pemandangan Kedung Pleret dan Grojogan Sanggahn

3. Rekreasi Budaya dan Seni Adat

Dusun Rekreasi Jipangan kaya pertunjukan kesenian dan budaya , misalnya : jathilan, karawitan, gejok lesung,dan lain-lain. Kecuali bisa nikmati pertunjukan budaya, pelancong berpeluang untuk latihan langsung menabuh gamelan atau gejok lesung.

4. Rekreasi Pertanian

Di Dusun Rekreasi Jipangan pelancong bisa belajar sekalian mengenali proses produksi pertanian yang di kerjakan dengan tradisionil, yakni dengan membajak sawah dan lakukan penanaman padi langsung

5. Camping Ground

Di tempat yang lumayan luas dan asri, kami sediakan Camping Ground. Untuk yang pengin melakukan perkemahan, ada sarana simpatisan yang ideal, misalnya : toilet, perlengkapan sound sistem, gen set, dan lain – lain

Kontak lewat:

Leave a Reply

Your email address will not be published.